Kamis, 07 Februari 2013

Hanya 8 Juta Orang yang Bayar Pajak



Josephus Primus Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar


JAKARTA, — Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menjelaskan, jumlah pembayar pajak di Indonesia masih minim. Dari jumlah populasi Indonesia sebanyak 240 juta jiwa, hanya 8 juta orang yang bersedia membayar pajak.

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, saat ini baru ada 60 juta orang yang sudah wajib kena pajak. Dari jumlah itu, sudah ada 20 juta orang yang memiliki identitas nomor pokok wajib pajak (NPWP).

"Namun, dari jumlah tadi, hanya 8 juta orang yang mau membayar pajak. Ini yang perlu ditingkatkan," kata Mahendra selepas membuka acara Fitch Ratings Indonesia Beyond Investment Grade di Hotel Mandarin, Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Nantinya, kartu NPWP ini akan disinergikan dengan kartu tanda penduduk, khususnya yang elektronik (E-KTP). Dengan sinergi ini, jumlah wajib pajak akan meningkat seiring dengan usia dan produktivitas kerja.

Langkah ini juga akan diiringi dengan penambahan jumlah sumber daya manusia (SDM) untuk menagih wajib pajak agar penerimaan negara dari sektor pajak juga melonjak.

Tahun ini, setoran pajak kepada pemerintah akan ditingkatkan menjadi Rp 1.042,32 triliun atau meningkat 24,79 persen dari realisasi setoran pajak pada 2012. Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel materiforex.blogspot.com isi komentar sesuai dengan artikel yang anda baca ! :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites